Menanam dan Memperbanyak Tanaman Mint

Assalamualaikum  Warahmatullah Wabarokatuh
Saat ini, aku sedang tergila gila sama yang nama nya berkebun. Tiap hari gugling cara berkebun. Kebetulan kemarin pas beli tanaman rosemary, sekalian beli tanaman mint.
Ternyata, tanaman mint ini ada cara merawat nya sendiri, agar daun nya banyak. Istilah keren nya "prunning", alias memangkas ujung tanaman mint yang di bawah nya terlihat ada tunas baru pada ketiak daun nya. jadi dengan memangkas ujung nya, tunas yang baru tadi akan berkembang menggantikan ujung yang di pangkas tadi. Begitu seterusnya.
tanaman mint
Tanaman Mint
Hal ini berlaku juga untuk tanaman basil, atau yang masih sejenis sama basil, yaitu kemangi. Jadi keinget dulu waktu masih kecil, kalo di suruh mama ambil daun kemangi bilang nya "ambil yang pucuk pucuk ya", ternyata ada bener nya loh.
Jadi, balik lagi ke tanaman mint, tanaman ini gampang banget tumbuh, akar nya bandel. Bahkan kalo di biarin, dia bisa semengganggu rumput liar. Maka dari itu, untuk lebih aman nya, disarankan untuk menanam tumbuhan ini dalam pot aja, biar lebih terkendali.
Tanaman Mint
Tanaman Mint
Pada dasar nya tanaman mint ini sangat minim perawatan. hanya perlu rajin di siram di awal awal. Setelah itu tanaman ini akan tumbuh dengan sendiri nya. Untuk memperbanyak tanaman mint ini juga sangat mudah lo ternyata. Salah satu nya yaitu dengan menggunakan stek batang, yakni menumbuhkan akar dan tunas daun dari potongan batang tanaman mint ini. 
Untuk mempersiapkan stek batang tanaman mint ini adalah sebagai berikut :
  1. Pilih batang mint yang sudah dewasa namun tidak terlalu tua. 
  2.  Potong tangkai batang mint sekitar 1 cm dari atas percabangan dengan menggunakan gunting atau pisau tajam yang bersih dan sebelumnya telah dilap menggunakan larutan alkohol 70% supaya bebas dari kuman. 
  3. Buang beberapa lembar daun mint di tangkai batang tersebut untuk mengurangi terjadinya penguapan yang berlebih.
  4. Rendam batang mint tersebut di dalam air dingin, ada juga yang bilang kalo sebelum di rendam air dingin di celup dulu ke bubuk kayu manis supaya steril dan memperbesar peluang berakar.
Untuk memudahkan kita melihat apakah batang sudah berakar atau belum, maka letakkan tangkai tersebut dalam gelas kaca bening berisi air, kemudian letakkan di dapur atau jendela yang menerima sinar matahari tidak langsung. Jika prosedur yang di lakukan benar, maka sekitar seminggu an, kita  akan melihat munculnya akar putih dari tangkai batang tsb. Tunggulah beberapa hari lagi sampai muncul tunas daun baru sampai tanaman tsb siap ditanam di dalam pot.
Previous
Next Post »